15 October 2009

Blog Jihad Bela Terorisme Terancam UU ITE

[ Terrorist ]

Jakarta - Polisi akan mengaitkan blog jihad yang isinya membela terorisme dengan UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Kerjasama dengan sejumlah pihak telah terjalin untuk mengaitkan blog dengan terorisme.

"Bisa atau tidak itu tinggal kita lihat sejauh mana blognya. Kita usut baru nanti kita kaitkan dengan UU ITE," ujar Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Nanan Soekarna di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Jakarta Selatan, Selasa (8/9/2009).

Menurut Nanan, blog jihad bisa dikaitkan dengan UU ITE jika alat bukti cukup. Bahkan polisi mampu membuka pemilik blog itu. "Tapi kadang server-servernya itu di luar negeri bukan punya kita," kata Nanan.

Nanan mengungkapkan, kerjasama dengan server luar negeri telah terjalin seperti dengan Amerika Serikat (AS). Namun Nanan belum mengetahui hasil kerjasama itu.

"Yang pasti unit Cyber Crime Polri saya yakin sudah melangkah ke sana. Tinggal hasilnya saya akan tanyakan lagi lebih detil kepada unit Cyber," tegasnya.

Polisi kini masih menyelidiki sejumlah blog antara lain suarajihad, rumahjihad, dan suarakemuliaan. Blog tersebut menampilkan berita-berita yang membela terorisme.

Suarajihad misalnya menyerukan agar masyarakat melindungi DPO terorisme atas nama sesama muslim. (detiknews.com)