31 October 2009

MUI Jatim Haramkan Paham Santriloka


Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Jawa Timur mengharamkan paham Kalam Santriloka yang berkembang di Kota Mojokerto karena dianggap menyimpang dari 10 pedoman pokok.

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi MUI Jatim, Rachman Aziz, di Surabaya, Jumat, mengatakan, saat ini pihaknya sedang menunggu hasil pemeriksaan dari MUI Kota Mojokerto.

“Dari informasi yang kami dapatkan, ajaran tersebut menyimpang dari 10 pedoman pokok yang disepakati MUI seluruh Indonesia,” katanya.

Dalam 10 pedoman pokok yang menjadi acuan MUI itu menyebutkan, ajaran Islam dinyatakan sesat, bila tidak percaya pada salah satu Rukun Iman dan Rukun Islam, tidak percaya pada Nabi Muhammad Shallallaahu ‘alaihi wa sallam sebagai Nabi terahir, mempercayai adanya kitab terakhir selain al-Qur’an, dan menghina Nabi.

“Paham Santriloka jelas sesat karena tidak mempercayai Nabi Muhammad Shallallaahu ‘alaihi wa sallam sebagai nabi yang terakhir,” katanya.

Selain itu, Santriloka juga meyakini adanya Nabi terakhir setelah Nabi Muhammad Shallallaahu ‘alaihi wa sallam, yakni Syaikh Siti Jenar dan Syaikh Maulana Malik Ibrahim.

Selain itu, syarat masuk Islam tidak harus dengan bersyahadat, namun cukup dengan menggunakan bunga tertentu.

Dalam aliran itu juga tidak mewajibkan jama’ahnya untuk berpuasa pada bulan kesembilan pada penanggalan tahun Hijriyah, namun dapat diganti pada tanggal 1-9 bulan pertama Hijriyah.

Paham itu juga tidak mewajibkan shalat lima waktu karena cukup diganti dengan kontak batin.

Perguruan Ilmu Kalam Santriloka memiliki sekitar 700 pengikut, dan aktif menggelar pengajian setiap malam Jumat Legi. Kegiatan itu dilakukan berpindah-pindah.

Oleh sebab itu, MUI Jatim meminta kepada pejabat daerah setempat untuk menindak aliran tersebut, sedangkan para tokohnya diminta bertobat dan kembali kepada ajaran Islam yang sebenarnya.

“Aliran itu dapat dituntut dengan dasar hukum penistaan agama, sehingga dapat dipenjarakan apabila tidak mau bertobat,” kata Rachman seraya mengimbau masyarakat untuk bisa menahan diri dan tidak main hakim sendiri.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf, menyatakan, aliran yang dikembangkan oleh Ahmad Nafan itu di luar syariat Islam sehingga sangat menyesatkan.

“Ini sungguh menyesatkan. Tetapi kami mengimbau supaya pengikutnya disadarkan dengan cara-cara yang persuasif. Tidak perlu dengan kekerasan,” katanya.

Kegiatan-kegiatan ritual atau keagamaan dengan pemahaman yang dangkal dan jauh dari ajaran Islam, lanjut dia, sebenarnya sangat merugikan umat. (antara.co.id)

*****

Ahmad Naf'an

Perguruan Santriloka: Al-Qur’an Itu Sesat dan Membahayakan Persatuan Indonesia !!!

Ada-ada saja aliran sableng di Indonesia. Sebuah perguruan Ilmu Kalam Santriloka menganggap sebagian isi Al-Qur’an sesat dan membahayakan persatuan. Perguruan ini juga mengecam ibadah haji yang dianggap sebagai pembodohan Bangsa Arab terhadap Bangsa Indonesia.

"Al-Qur’an sebagian salah dan sesat, sebagian benar. Seperti Surat al-Kafirun, itu sesat. Bukan kalam Allah tapi suara orang Arab," kata Pengasuh Perguruan Ilmu Kalam Santriloka Kiai Ahmad Naf'an di Padepokan Santriloka, Kelurahan Kranggan gang 5, Kota Mojokerto, Rabu (28/10/2009).

Menurut pria yang biasa dipanggil Gus Aan ini, Surat Alkafirun menyerukan perpecahan, bukan persatuan. "Bagaimana, kok bisa Tuhan Allah mengecam dan menyuruh orang agar memusuhi orang yang dianggap kafir," jelas Aan sebagaimana dikutip dari detik.com.

Terkait dengan Alquran yang beredar di Indonesia, Gus Aan menyatakan salah. Menurutnya, Alquran bukan dari Bahasa Arab. Melainkan Bahasa Kawi, Bahasa Sansekerta dan Bahasa Jawa Kuno. Alquran merupakan buatan orang Arab untuk menjajah Bangsa Indonesia.

"Alquran yang ada ini, dimodifikasi oleh orang-orang untuk merusak Majapahit, Jawa dan Pancasila. Siapa yang bertanggungjawab, kalau Alquran ini salah. Apa nabi mau tanggungjawab," tambah Aan sambil menunjuk Alquran yang ada di depan kakinya.

Terkait ibadah haji, Gus Aan juga menganggap ibadah haji saat ini tidak sesuai dengan inti ajaran Islam. "Siapa yang menyuruh ke Makkah. Dulu banyak orang mati di Terowongan Mina. Begini kok katanya perintah Allah," kata Gus Aan berapi-api.

Menurut Aan, ibadah haji sebenarnya tidak harus pergi ke Makkah dan sekitarnya. "Sudah dikatakan, kalau Allah itu dekat seperti urat nadi, kenapa umat Islam mengitari batu, dan mau dibodohi orang Arab," kata Gus Aan menambahkan.

Sebelumnya Pondok Pesantren dan MUI di Mojokerto meminta polisi melacak keberadaan pengajian Ilmu Kalam Santriloka. Ajaran pengajian komunitas itu dianggap sesat karena tidak mewajibkan puasa Ramadan dan salat 5 waktu. (muslimdaily.net)

*****

Perguruan Santriloka Klaim Salat Bukan Perintah Allah

Mojokerto - Pengasuh Perguruan Ilmu Kalam Santriloka, Kiai Ahmad Naf'an (Gus Aan) menyatakan salat seperti yang dilakukan umat Islam bukan perintah Allah. Karena bukan perintah, Gus Aan menyarankan para santrinya tidak perlu salat.

"Sejak kecil saya dididik dan sudah pernah salat. Sekarang pertanyaannya, apakah masih salat. Saya jawab sekarang tidak perlu, karena bukan perintah Allah," kata Gus Aan kepada detiksurabaya.com, Rabu (28/10/2009).

Dalam perbincangan dengan detiksurabaya.com di Padepokan Santriloka, Kelurahan Kranggan Gang 5, Kota Mojokerto, Gus Aan menyatakan siap salat, jika ada pahala dari Allah. "Berhubung ini bukan perintah Tuhan, buat apa kalian lakukan salat," tegas Gus Aan.

Menurut Gus Aan, salat merupakan ajaran budi pekerti. Bukan ajaran fisik yang dimulai takbiratul ihram dan diakhiri salam. "Seperti salat Dhuhur. Bukan 4 rakaat yang diminta Tuhan. Melainkan yang diminta Tuhan agar kita berbudi luhur," kata Gus Aan.

Gus Aan menyatakan tidak ada pahala bagi orang yang salat. "Kalau salat 4 rakaat diberi pahala oleh Tuhan, saya akan salat 8 rakaat. Kira-kira diberi berapa kilo oleh Tuhan. Apa Anda dapat pahala selama ini," kata Gus Aan kepada detiksurabaya.com dengan nada penuh tanya.

Komunitas Perguruan Ilmu Kalam Santriloka ini juga memperkenalkan 4 jenis salat. Yaitu Salat Maghrib, Isya, Subuh dan Dhuhur. Namun ke-4 jenis salat itu, tidak sama dengan salat umat Islam. Begitu pula salat Ashar juga tidak dikenal di komunitas ini.

Menurut Aan, Maghrib berarti Mageri Urip (Membentengi hidup) dengan budi pekerti, Isya berarti isak-isakno (Sebisa mungkin) berbuat baik kepada sesama, Subuh berarti ojo kesusu labuh (Jangan mudah percaya) dan Dhuhur berarti nduweni budi luhur (Bermoral).
Jika sudah bisa melakukan 4 jenis salat itu, maka tidak perlu salat Ashar, yang berarti ojo kesasar (Jangan tersesat). "Karena salat Ashar itu perintah agar tidak tersesat, maka salat Ashar tidak ada," kata Gus Aan menyatakan salat komunitas ini tidak seperti umat Islam lainnya. (surabaya.detik.com)