27 October 2009

Oktober Jadi Bulan Mematikan Bagi Tentara AS


Kabul - 8 Tentara Amerika Serikat (AS) tewas dihantam serangan bom di Afghanistan. Total sudah 55 tentara AS yang tewas selama satu bulan ini.

Seperti dilansir bbc.co.uk, Rabu (28/10/2009), serangan bom yang menewaskan prajurit AS itu terjadi di 2 lokasi yang berbeda di propinsi Zabul, selatan Afghanistan. Zabul selama ini dikenal sebagai basis gerilyawan Taliban.

"Serangan pertama menewaskan 7 orang, dan serangan kedua menewaskan 1 orang," terang juru bicara International Security Assistance Force (ISAF).

Hingga kini sudah 55 prajurit AS tewas di Afghanistan sepanjang bulan Oktober. Jumlah ini meningkat dari bulan Agustus lalu dimana prajurit AS yang tewas sebanyak 51 orang.

Tingginya jumlah prajurit AS yang tewas di bulan Oktober ini semakin mengukuhkan anggapan yang beredar di kalangan prajurit AS bahwa bulan Oktober sebagai bulan paling mematikan bagi mereka. Hampir 8 tahun mereka berada di Afghanistan.

Taliban Bertanggung-jawab

Juru bicara Taliban Qari Yousouf Ahmadi menyatakan bertanggungjawab atas serangan ini. Dia mengakui Taliban memang sudah menyiapkan bom untuk diarahkan kepada prajurit AS untuk diledakkan. "Kami bertanggungjawab," tandasnya. (detiknews.com)