31 October 2009

Padepokan Zikir Naqsabandiyah Dibakar Massa


Jum'at, 11 September 2009 - 06:05 WIB

Pandeglang - Padepokan zikir Qodiriyah-Naqsabandiyah milik Ustadz Sahrudin (45) di Kampung Sekong Rt 01/01, Desa Sekong, Kecamatan Cimanuk, Kab. Pandeglang saat ini sudah rata dengan tanah. Padepokan itu dibakar massa karena diduga mengajari aliran sesat.

Warga emosi melihat padepokan yang berada menyendiri dari pemukiman warga itu karena sering melakukan ritual yang tidak lazim dilakukan ajaran Islam pada umumnya. Sebagai puncak kekesalan warga kemudian membakar padepokan hingga rata dengan tanah.

Aksi pembakaran ini dipicu karena kekesalan warga terhadap pemilik padepokan tersebut Sahrudin yang diduga mengajarkan aliran sesat.

Riyat (23) warga sekitar mengatakan, Sahrudin dianggap sesat dalam mengajarkan Islam karena melakukan aktifitas ibadah dengan cara yang aneh.

"Puluhan penganutnya dikumpulkan di padepokan dan hanya mengucap bacaan zikir saja tanpa melakukan salat, jadi kami terpaksa membakar tempat ini," kata Riyat ketika ditemui okezone, Kamis 10 September petang.

Menurut penuturan warga sekitar, para pengikut Sahrudin mayoritas berasal dari Jakarta. Bahkan, Sahrudin juga bukan warga asli desa setempat. Dia pendatang yang baru tinggal sekira empat tahun di Desa Sekong.

Saat ini Sahrudin harus digelandang ke Polres Pandeglang untuk dimintai keterangan atas kasus padepokan tersebut. (okezone.com)