03 February 2010

Tidak Ketemu Sawah, Wawancara SBY Ditunda


Presiden Susilo Bambang Yudhoyono urung diwawancarai oleh wartawan stasiun televisi RCTI, Senin (1/1/2010) pagi. Menurut seorang staf, alasannya karena tak menemukan latar belakang yang cocok, yakni sawah.

"Wawancara dengan RCTI gagal karena Presiden ingin mendapatkan pemandangan sawah-sawah yang menjadi latar belakang wawancaranya. Akan tetapi, tidak dapat yang cocok, jadi ditunda," tandas seorang staf, yang keceplosan dan didengar beberapa wartawan yang sejak pukul 07.00 WIB sudah berada di Istana Kepresidenan Cipanas, Selasa pagi.

Karena hal itu, Presiden baru akan diwawancarai pada Rabu (3/2/2010) pagi. Wawancara dengan RCTI dilakukan saat Presiden tidak memimpin rapat kerja pemerintah bersama kelompok kerja yang dibentuk untuk membahas Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2010-2014.

Demikian agenda sementara yang diterima Kompas dari beberapa sumber di Istana Kepresidenan, Cianjur, Jawa Barat, Selasa (2/2/2010) pagi.

Diperoleh kabar juga, saat beberapa hari lalu Presiden diwawancarai oleh sejumlah media massa, termasuk Kompas, di Istana Merdeka, Jakarta, latar belakang pemandangannya adalah bagian tengah Istana dan lobby Istana Negara, Jakarta.

"Jadi, Presiden ingin berganti suasana dan pemandangan lain kalau wawancaranya di Istana Kepresidenan, Cipanas," ujar sumber lain kepada Kompas.

Namun, saat dikonfirmasi kepada Juru Bicara Kepresidenan Julian Aldrin Pasha, yang sejak Senin lalu sudah berada di Istana Cipanas, hal itu dibantah.

"Tidak, tidak benar. Penundaan (wawancara) karena waktunya tidak tepat sehingga ditunda Rabu pagi," jawab Julian. (nasional.kompas.com)