06 September 2009

Israel Geram Soal Artikel, Menlu Swedia Batalkan Kunjungannya

Stockholm - Menteri luar negeri Swedia, Carl Bildt, membatalkan kunjungannya ke Israel, untuk menyelesaikan ketegangan negara Yahudi tersbut yang muncul dari sebuah artikel dalam harian Swedia.

Bildt mengumumkan bahwa kunjungan yang dijadwalkan pada 11 September dibatalkan karena menurut Bildt tanggal itu bukan waktu yang tepat baginya, sembari menambahkan bahwa ia tidak ingin mengganggu pembicaraan yang tengah berlangsung antara AS dan Israel mengenai proses perdamaian Timur Tengah.

Namun, sumber kementrian luar negeri Swedia, sebagaimana yang dikutip oleh Haaretz, menghubungkan dibatalkannya perjalanan Bildt dengan krisis politik antara Tel Aviv dengan Stockholm.

Bulan Agustus lalu, sebuah artikel kontroversial yang membeberkan mengenai skandal pencurian organ oleh Israel diterbitkan oleh harian Swedia, Aftonbladet.

Artikel dengan judul "Mereka Rampas Organ Anak-Anak Kami" yang ditulis oleh jurnalis lepas Donald Bostrom, memicu kemarahan para pejabat Israel.

Bostrom dalam artikelnya mengungkapkan kejahatan para tentara Israel yang telah menculik dan membunuhi remaja muslim Palestina dan menjual organ mereka di pasar gelap.

Pemerintah Swedia menolak untuk mengecam laporan tersebut, dengan mengatakan bahwa tindakan tersebut akan melanggar kebebasn pers. (althaf/arrahmah.com)