09 September 2009

Perbedaan Imam Mahdi Ahlus Sunnah dan Imam Mahdi Syiah

Seperti yang telah disinggung, sebenarnya Mahdi ala Syi'ah hanyalah khurafat yang tiada nyatanya. Sehingga perbandingan di sini adalah perbandingan antara Mahdi nyata dan Mahdi fiktif yang diyakini Syi'ah.

1. Mahdi Ahlus Sunnah bernama Muhammad bin Abdillah sesuai dengan nama Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam dan nasabnya. Sedangkan Mahdi Syi'ah namanya Muhammad bin Hasan Al-'Askari.

2. Mahdi Ahlus Sunnah dari keturunan Al-Hasan bin 'Ali. Sedangkan Mahdi Syi'ah dari keturunan Al-Husain bin 'Ali.

3. Mahdi Ahlus Sunnah kelahiran dan kehidupannya seperti layaknya manusia yang lain. Sedangkan Mahdi Syi'ah dikandung dan dilahirkan dalam waktu semalam, lalu masuk sirdab pada umur 9 tahun, sementara telah berlalu di dalamnya waktu sepanjang 1.150 tahun lebih.

4. Mahdi Ahlus Sunnah muncul untuk menolong muslimin secara umum, tanpa membedakan jenis mereka. Sedangkan Mahdi Syi'ah hanya untuk Syi'ah Rafidhah, bahkan sangat benci kepada bangsa Arab, terlebih Quraisy.

5. Mahdi Ahlus Sunnah mencintai para shahabat dan ibu-ibu kaum mukminin (istri-istri Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam). Sementara Mahdi Syi'ah sangat membenci mereka, bahkan menyiksa mereka setelah mengeluarkan mereka dari kubur mereka.

6. Mahdi Ahlus Sunnah mengamalkan Sunnah Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam dan memberantas bid'ah. Sementara Mahdi Syi'ah mengajak kepada agama baru dan kitab yang baru.

7. Mahdi Ahlus Sunnah memakmurkan masjid. Sementara Mahdi Syi'ah menghancurkan masjid. Ia menghancurkan Masjidil Haram Ka'bah, masjid Nabawi, dan seluruh masjid.

8. Mahdi Ahlus Sunnah berhukum dengan Kitabullah dan Sunnah Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam. Sedangkan Mahdi Syi'ah berhukum dengan hukum keluarga Dawud.

9. Mahdi Ahlus Sunnah muncul dari negeri timur. Sementara Mahdi Syi'ah muncul dari sirdab Samarra'.

10. Mahdi Ahlus Sunnah benar-benar ada, seperti terdapat dalam hadits dan penjelasan ulama. Sementara Mahdi Syi'ah adalah khayalan dan tidak akan muncul sampai kapanpun. (diringkas dari kitab Badzlul Majhud karya Asy-Syaikh Abdullah Al-Jumaili, 1/255-257)

11. Mahdi Ahlus Sunnah datang membawa keadilan. Sementara Mahdi Syi'ah datang membawa malapetaka dan kehancuran. (syiahindonesia.com)